Ganjil 2025-2026 Service Management

Mata kuliah ini membahas tentang pengelolaan usaha  mulai dari merancang yang terdiri atas pengembangan pelayanan baru, teknologi dan kualitas pelayanan, fasilitas pendukung dan alur proses, peningkatan proses, pertemuan pelayanan, lokasi fasilitas pelayanan; mengelola operasi layanan yang terdiri atas mengelola kapasitas, permintaan dan antrean tunggu; hubungan pasokan layanan; globalisasi ; mengelola proyek pelayanan; sampai mengaplikasikan model kuantitatif dalam pengelolaannya, yaitu perencanaan kapasitas dan model antrian, peramalan permintaan , dan mengelola persediaan.


Menggambar Teknik 2025

Kuliah ini memberikan materi yang terkait dengan: standar dalam menggambar keteknikan,
konstruksi geometrik, pembuatan sketsa, garis dan penamaan, teori proyeksi, view standar, auxiliary views, dimensi, toleransi, batasan, fits/suaian, menggambar teknik dengan computer aided design (CAD) untuk Gambar 2D dan 3D, model perakitan dan exploded assembly, dokumentasi gambar dan gambar kerja sesuai standar

Kuliah ini memberikan materi yang terkait dengan: Lean Six Sigma : customer focused quality, defects per million opportunities, process capability, value stream mapping, types of wastes, business diagnostic, decision making based on data, DMAIC, DMADV; change management : building support